Induk koperasi Kepolisian Negara Republik Indonesia (INKOPPOL) adalah Koperasi Sekunder Tingkat Nasional yang bergerak dibidang perdagangan dan pengembangan jasa umum yang berada di ibukota Negara Republik Indonesia di Jakarta, yang berdiri ssejak 5 desember 1968, yang diawali dengan nama induk Koperasi Angkatan Kepolisian (INKOPAK).

Kemandirian perkoperasian di lingkungan Polri khususnnya Inkoppol, sudah dapat diterima ditengah-tengah masyarakat, namun masih dipertanyakan kredibilitasnya dalam mengemban penyelenggaraan bisnis, mengingat belum tersosialisasi secara menyeluruh dilingkungan masyarakat tentang pengelolaan perkoperasian di lingkungan Polri dalam mewujudkan kesejahteraan anggotanya.

Dinamika kehidupan masyarakat dengan berbagai tantangan yang dihadapi, berimplikasi meningkatnya tuntutan kebutuhan kemapanan hidup sehingga aktifitasnya dalam rangka pemenuhan kebutuhan tersebut semakin meningkat.

Guna menjawab berbagai tantangan tersebut, Inkoppol berupaya memberikan pelayanan jasa yang terbaik dalam bentuk solusi professional, inovatif dan kreatif. Solusi layanan jasa dengan hasil yang baik dan bermanfaat optimal berdasarkan Inkoppol dilngkungan masyarakat Jakarta dan di seluruh Indonesia.

Dukungan dari Sumber Daya Manusia yang kompeten dan professional dengan kualitas pengalaman bekerja di lingkungan Lembaga Negara Khususnya Kepolisian Negara Republik Indonesia, serta didukung oleh mitra-mitra usaha strategis ditengah kebutuhan akan jasa disegala bidang kehidupan, diharapkan akan mampu menciptakan sinergi yang strategis, efektif dan professional.

Hingga saat ini, Inkoppol telah mendapatkan kepercayaan dari berbagai Instansi untuk dapat berperan serta dalam mendukung kebutuhan pelayanan public. Solusi yang diberikan mencakup berbagai macam bidang, serta mengikuti perkembangan actual sehingga tepat guna.

Untuk itu, dinamika operasional bisnis yang dilakukan harus mampu mendorong anggota perkoperasian di lingkungan Polri menjadi semakin cerdas, berbudaya yang diimbangi dengan akhlak dan moral yang tinggi serta diikuti dengan daya kreatifitas dan inovatif dalam mewujudkan tantangan menjadi peluang yang dapat dikerjakan.