a. Arah Kebijakan, Meliputi

  1. Tertatanya organisasi perkoperasian dilingkungan Polri yang mampu memperjuangkan aspirasi anggota koperasi dalam meningkatkan kesejahteraannya dengan meningkatkan kemampuan dasar berwirausaha yang ditandai dengan peningkatan kemampuan postur dan struktur perkoperasian lebih fleksibel dan mudah menyesuaikan dengan perkembangan.
  2. Terwujudnya kehidupan perkoperasian yang lebih demokratis ditandai dengan membaiknya pelaksanaan jejaring bisnis kuat dan solid.
  3. Meningkatnya kesejahteraan anggota koperasi yang ditunjukkan leh membaikknya berbagai indikayor pembangunan sumber daya manusia, yang didukung dengan system Pendidikan nasional yang mantap.
  4. Meningkatnya daya saing perekonomian melalui penguatan industri manufaktur sejalan dengan penguatan pembangunan pertanian dan pembangunan kelautan serta sumber daya alam lainnya sesuai potensi daerah secara terpadu, meningkatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Pengelolaan sumber daya alam dan pelestarian fungsi lingkungan hidup makin berkembang melalui kelembagaan dan peningkatan kesadaran masyarakat yang ditandai dengan berkembangnya proses rehabilitasi dan konservasi sumber daya dan lingkungan hidup.

b. Pentahapan kebijakan mencakup

  1. Penataan organisasi dan Revitalisasi Kinerja Inkoppol melalui penyusunan struktur Organisasi yang berorientasi pada manajemen bisnis pada tahun 2013.
  2. Mengadakan perubahan menuju penyempurnaan dan fleksibilitas sebaian isi AD-ART Inkoppol sesuai dengan undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Pekoperasian pada tahun 2013.
  3. Membangun kerja sama kemitraan denga mitra usaha dengan lebih mengedepankan Puskoppol dan Primkoppol untuk lebih aktif menjalankan berbagai jenis usahanya pada tahun 2013 dan 2014.
  4. Menambah investasi dalam bentuk peralatan penunjang kegiatan usaha sperti mesin cetak digital, smart card, pemabngunan E-Commerce, Website dan E-Office Inkoppol pada tahun 2013, 2014 dan 2015.
  5. Terwujudnya kemandirian Perkoperasian dilingkungan Polri mulai dari Inkoppol sampai dengan Primkoppolres pada tahun 2015 dan seterusnya.